Jumat, 12 Februari 2021

REVISI RPP IPS BERDIFERENSIASI


PEMETAAN KEBUTUHAN MURID

 

A.    Berdasarkan Kesiapan Belajar

Kesiapan Belajar (Readiness)

Peserta didik telah memahami konsep Permintaan dan Penawaran serta mampu menghubungkan dengan kelangkaan.

Peserta didik memahami konsep permintaan dan penawaran namun belum dapat mengubungkan dengan kelangkaan

Peserta didik belum memahami konsep  permintaan dan penawaran

Nama Murid

Indri Yuarnintias, Harlia, Nur Akbar, Abd. Kadir, Liyuksa, Nada, Nurul Subaedah, Intan, Mega Sarlini

Sapina, Risna, Saipul, Salsabila, Sarjian, Ahmad,

Anita, Fiski, Iswan, Moharrang, Yaslam

Proses

Peserta didik diberikan kesempatan untuk membaca kemudian menuliskan hubungan antara permintaan penawaran dengan kelangkaan.

Peserta didik diberikan salah satu contohnya atau stimulus tentang permintaan dan penawaran kemudian diberikan kesempatan untuk menghubungkan dengan kelangkaan.

Peserta didik diberikan contoh konkrit atau kontekstual dalam kehidupannya dan memberikan Scaffolding bila perlu untuk pemahaman tentang permintaan dan penawaran kemudian diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pendapat sendiri secara sederhana.

 

B.     Profil Belajar Murid

Profil Belajar Murid

Kinestetik

Visual

Auditori

Nama Murid

Indri Yuarnintias, Harlia, Nur Akbar, Abd. Kadir, Liyuksa, Nada, Nurul Subaedah, Intan, Mega Sarlini

Indri Yuarnintias, Harlia, Nur Akbar, Abd. Kadir, Liyuksa, Nada, Nurul Subaedah, Intan, Mega Sarlini,

Sapina, Risna, Saipul, Salsabila, Sarjian, Ahmad, Anita, Fiski, Iswan, Moharrang, Yaslam

Indri Yuarnintias, Salsabila, Sarjian, Nada, Nurul Subaedah, Intan, Ahmad, Anita, Fiski, Abd. Kadir, Liyuksa, Mega Sarlini

Produk

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih bentuk produk yang diinginkan, baik dalam bentuk Gambar, Tulisan ataukah video kreasi, dll.

Proses

Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk mencari atau mengakses sendiri materi yang dipelajari dari berbagai sumber.

 

Guru menjelaskan atau memberikan pemaham kepada murid lebih banyak menggunakan gambar atau video

 

Guru lebih benyak memberikan penjelasan secara ceramah bervariasi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                        :  SMP Negeri 5 Campalagian

Mata Pelajaran             :  IPS

Kelas/Semester            :  VII/Genap

Materi Pokok               :  Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Alokasi Waktu             :  2 x 30 Menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan diharapkan:

·         Peserta didik dapat menjelaskan tentang permintaan-penawaran dan kelangkaan dengan tepat.

·         Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran dengan tepat.

 

B.     Media Pembelajaran & Sumber Belajar

·         Media Pembelajaran: Gambar, Video kegiatan sehari-hari masyarakat dalam tayangan slide Power point (ppt) berisikan materi.

·         Sumber Belajar:

Buku:  Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

Aplikasi: Whats App dan atau Massengger, Blog, Google Drive dan You Tube

 

C.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik (berbasis kontekstual) dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Hubungan antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran.

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan slide dan bahan bacaan terkait materi Hubungan antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan tujuan pembelajaran.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok berdasarkan karakteristik peserta didik (kesiapan belajar dan profil belajar murid) untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Hubungan antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran.

Kelompom dengan kemampuan yang belum memahami konsep materi diberikan bimbingan khusus (Scaffoldin)

(Diferensiasi Proses)

Communication

Setiap kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompok dalam bentuk produk sesuai dengan kesepakatan kelompok masing-masing.

(Diferensiasi Produk)

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Hubungan antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran.

 Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1.      Penilaian Pengetahuan             : Tes Uraian/Lisan

2.      Penilaian Keterampilan            : Penilaian Produk

3.      Penilaian Sikap                        : Observasi (catatan anekdot)

 

            Campalagian, 12 Februari 2021

Mengetahui Kepala Sekolah,                                                   Guru Mata Pelajaran,

 

KAHARUDIN, S.Pd.M.M                                                      KAHAR, S.Pd, M.Pd

NIP. 19680421 199702 1 003                                                 NIP. 198505022009031009

 

LAMPIRAN

A.     PENILAIAN

1.      Penilaian Sikap

Penilaian berdasar pengamatan guru menggunakan format sebagai berikut.

No

Aspek yang Dinilai

Skor (1-4)

1.

Ketepatan waktu mengumpulkan tugas

 

2.

Keaktifan bertanya selama pembelajaran

 

3.

Keterlibatan selama pembelajaran

 

Total

12

 

Keterangan:

Skor 4 = menunjukkan sikap yang sangat baik sesuai dengan kriteria penilaian.

Skor 3 = menunjukkan sikap yang baik.

Skor 2 = menunjukkan sikap kurang baik

Skor 1 = menunjukkan sikap sangat kurang baik


·         Peserta didik dapat.

·         Peserta didik dapat

 

2.      Penilaian Pengetahuan

No

Aspek yang Dinilai

Skor (1-4)

1.

Menjelaskan konsep tentang permintaan, penawaran dan kelangkaan

 

2.

Menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran.

 

Total

8

Keterangan:

Skor 4 = menunjukkan pemahaman yang sangat baik dan sesuai dengan kriteria

Skor 3 = menunjukkan pemahaman yang baik sesuai dengan kriteria

Skor 2 = menunjukkan pemahaman baik tetapi kurang sesuai dengan kriteria.

Skor 1 = menunjukkan pemahaman kurang baik dan tidak sesuai dengan kriteria.

3.      Penilaian Keterampilan/Produk

 

Lembar Penilaian Keterampilan

NO.

Nama Siswa

Aspek yang Dinilai (1-4)

Total

Kretivitas

Sesuai Konten Materi

Tepat Waktu

1.

………………………

 

 

 

 

2.

………………………

 

 

 

 

 

Refleksi Guru

 

....................................................................................................................................................................

 

....................................................................................................................................................................

 

....................................................................................................................................................................

 

Catatan

 

1.       Masalah:

........................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................

2.       Ide baru:

........................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................

 

B.     LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 

Nama/Kelompok : …………………….

Kelas                    : …………………….

Anggota               : …………………….

 

Setelah kalian mengamati Gambar dan Video yang ditampilan, silahkan kalian kerjakan Lembar Kerja berikut dengan cara mendiskusikan dengan teman kelompoknya!

No.

Kegiatan di Lingkungan sehari-hari

Jenis (Permitaan/Penawaran

Permintaan

Penawaran

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

 

Setelah kalian mengisi table 1 silahkan jawab pertanyaan berikut!

1.      Jelaskan yang dimaksud dengan permintaan!

 

 

 

 


2.      Jelaskan yang dimaksud dengan penawaran!

  

 

 

 


Kalian telah memahami yang dimaksud dengan Permintaan dan Penawaran, sekarang kalian silahkan diskusikan hubungannya Permintaan, Penawaran dengan terjadinya kelangkaan seperti kasus berikut ini!

1.        



2.       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


C.     MATERI PEMBELAJARAN

Link : https://kaharzain.blogspot.com/2021/02/materi-permintaan-penawaran-hubungannya.html









 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN KELULUSAN SPENLI2022

SELAMAT ANDA TELAH SAMPAI PADA BATAS AKHIR DI JENJANG SMP. Semoga Perjalanan Kedepan Lebih Baik dari sebelumnya. Gagal adalah Sukses yang TE...